Ini Yang Menggoda di Bulan Puasa

11 Jul 2014

Di bulan Ramadhan, umat muslim harus mampu menahan diri dari segala godaan. Puasa tidak hanya menahan diri dari rasa lapar ingin makan dan minum, tapi juga menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Kita harus senantiasa bersabar untuk tidak makan dan minum, menahan emosi, tidak mengeluh, mampu menahan hawa nafsu dan ujian yang datang. Banyak sekali godaan yang sulit dihindari bagi orang yang berpuasa. Semakin banyak godaan, semakin diuji keimanan kita, semakin tinggi pula kualitas puasanya.

Godaan puasa
Godaan yang paling sulit dihindari saat berada di lokasi kerja. Bukan karena lapar atau haus, yang menjadi godaan di jam kerja saat bulan puasa adalah tergoda untuk bergosip. Seseorang bergosip biasanya dilakukan tanpa sadar, apalagi disaat-saat pemilu seperti ini dikantor tak sedikit yang memperbincangkan berita hangat di media massa.

Meskipun berpuasa, beban kerja di kantor tidak berkurang. Biasanya diawal-awal puasa kondisi fisik menurun. Males ngapa-ngapain dan rasa kantuk menjadi kendala di jam kerja. Belum lagi disaat otak susah diajak berfikir secara optimal. Karena pekerjaan yang menumpuk dan rasa kantuk kerap membuat saya terpancing emosi.

Selain itu, dibulan puasa harus kuat menahan penampakan dan aroma yang menggoda. Maraknya iklan sirup di tv juga menjadi godaan. Godaan ini semakin tidak tertahankan ketika harus menghadapi cuaca yang panas. Contohnya saat saya melewati warung makan kemudian menghirup segala aroma sedap yang bertebaran di udara, tanpa sadar saya membayangkan makanan yang sedap. Dari warung makan, aroma soto ayam menyapaku seakan ia ingin aku menghampirinya dan memakannya ditempat. Huh! Tanpa disadari saya menikmati aroma sedap itu. Aroma yang menggoda membuatku harus menahan nafas panjang. Bukan Cuma harus tahan godaan penampakan makanan dan minuman yang menggoda, tapi juga harus menahan godaan dari penampakan cowok ganteng ataupun cewek seksi. Bagi orang yang berpuasa, menjaga mata dan hati saat berpuasa juga menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Ngeblog juga memiliki godaan tersendiri. Saat blogwalking, tak jarang saya menemukan iklan-iklan yang bergelantungan di halaman banyak blog, iklan itu tak jarang berisi sindiran yang mengajak bergosip, iklan cowok dan cewek yang sedang mesra, iklan makanan dan minuman, iklan berita politik yang ah sudahlah :| .. dan banyak lagi.

Saat akan mengikuti lomba blog ngaBLOGburit pun saya mendapat godaan yang berat, loading lama adalah godaan terberat bagi saya saat menulis di blog, apalagi jika listrik mati kemudian koneksi internet terputus. Emosi pun terkadang tak mudah bisa dikendalikan, kecuali dengan keikhlasan.

Godaan dibulan puasa datang tak mengenal waktu dan tempat. Sebisa mungkin, saya harus bisa menghalau godaan puasa di bulan Ramadhan.


TAGS ngaBLOGburit


-

Search

Follow Me

weblog Miz Tia

Promosikan

Recent Post

Blogger Reporter Indonesia