Takjil Favorit Aku Yang Dibuat Sendiri

10 Jul 2014

Selamat sore.. teman-teman.

Aku sama saudara aku baru saja selesai membuat bakso kojek untuk takjil berbuka puasa nih. Dilanjutkan membuat es buah, tahu aci, dan menyiapkan takjil favorit lainnya. Karena dirumah banyak anak-anak dan rakyatnya banyak :D , keluarga kami sudah terbiasa membuat jajanan sendiri dirumah. Saya sendiri jarang sekali membeli makanan diluar atau pinggir jalan. Apalagi di setiap bulan Ramadhan keluarga kami sudah terbiasa membuat makanan sendiri.

Sebulan penuh berpuasa di Ramadan rasanya belum lengkap jika belum menikmati makanan pembuka saat berbuka puasa ya teman-teman (?). Orang-orang biasa mengenal makanan pembuka sebagai takjil. Menu takjil favorit di Indonesia memang banyak banget, hampir semuanya juga menjadi takjil favorit buat aku.

Bagi orang yang berpuasa, saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pembuka yang manis dan tidak terlalu berat. Makanan yang manis berfungsi untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun selama puasa. Buah-buahan yang manis sangat baik dikonsumsi tubuh sebagai pengganti nutrisi. Oleh karena itu, takjil menjadi favorit banyak orang saat berbuka puasa termasuk aku.

Ngomongin takjil berbuka puasa, tiap hari mama dirumah suka masak kolak, sama gorengan tahu aci, bakwan sayur, dan tempe. Sedangkan takjil favorit aku saat berbuka puasa itu kurma tapi jarang tersedia dirumah saat bulan Ramadhan ini. Selain kurma, takjil favorit aku ada tahu aci, petis, bakso kojek, gemblong, bubur blohok, bubur cadil, bubur pacar, es buah dan kolak. Hampir semua menu takjil yang ada di Indonesia saya doyan :D .

Nah teman-teman, barusan aku cerita bahwa aku baru saja selesai membuat bakso kojek. Dan ini dia penampakan bakso kojek yang baru saja aku buat.

Bakso Kojek

Bakso Kojek

Bakso kojeknya sudah matang, kami juga sudah menyiapkan sambal sebagai pelengkap bakso kojek ini.
Selain membuat bakso kojek, hari ini mama juga membuat bubur pacar. Kalau di tempat kami nama makanan ini adalah bubur pacar. Apa nama makanan ini di tempat kalian? :D

Bubur

Bubur

Bubur pacar ini sudah manis dan akan dicampur dengan santan yang sudah dimasak matang dan harum.
Dirumah, aku suka membuat es buah sendiri. Ini keluarga kami sedang menyiapkan es buah untuk berbuka nanti.

Es Buah Segar dan Manis

Es Buah Segar dan Manis

Keluarga kami dirumah juga membuat petis. Petis takjil yang terbuat dari gembus dan ayam, humm…. entah apa nama makanan ini di tempat kalian :D .

Ini Namanya Petis

Ini Namanya Petis

Petis gembus dinikmati dengan kerupuk mie sehingga rasanya menggugah selera. Dan makanan ini sudah disiapkan sebagai takjil untuk berbuka puasa hari ini.

Tahu Aci, Jajanan dari kampung saya :D . Dirumah juga membuat tahu aci sendiri.

ini aci yang akan di goreng bareng tahu, kita masak sendiri dirumah

ini aci yang akan di goreng bareng tahu, kita masak sendiri dirumah

Tahu Aci yang sudah matang, siap santap!

Tahu Aci yang sudah matang, siap santap!

Oh iya, aku juga sama makanan ini. Namanya gemblog. Kami tidak membuatnya sendiri. Gemblong yang terbuat dari ketela, ada juga yang terbuat dari ketan. Rasanya enak. Makanan ini dilengkapi dengan gula jawa dan parutan kelapa.

Ini namanya gemblong

Ini namanya gemblong

Ya, itulah takjil favorit aku saat berbuka puasa. Menu Takjil yang sederhana dan makanan khas dari daerah kami. Keluarga kami lebih suka membuat takjil sendiri dirumah dibandingkan membeli takjil dipinggiran jalan. Jelas rasanya lebih enak buatan mama :D , dan sudah pasti bersih takjil buatan sendiri.

Ternyata kalo dicatat dalam sebuah tulisan seperti ini banyak juga selera makan aku -_- . Meski diperbolehkan, tapi porsinya tetap harus diatur agar tidak berlebihan.


TAGS ngaBLOGburit


-

Search

Follow Me

weblog Miz Tia

Promosikan

Recent Post

Blogger Reporter Indonesia