Fenomena Mudik Lebaran

7 Jul 2014

Fenomena Mudik sudah menjadi tradisi yang lazim dilakukan masyarakat Indonesia untuk menyambut Hari Raya Idhul Fitri maupu hari besar lainnya. Tahun ini ayah, kakak dan saudara saya banyak yang merantau, tentunya mereka akan mudik dan melakukan perjalanan menuju ke kampung halaman di tanah kelahiran mereka agar bisa merayakan hari raya bersama-sama keluarga tercinta.

Setiap tahun, media juga menayangkan info arus mudik yang menunjukkan terjadinya peninggian arus mudik menjelang hari raya. Hal ini menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan dan kemacetan.

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, entah itu dalam perjalanan darat, laut, maupun udara. Untuk mengurangi terjadinya resiko kemacetan, ada baiknya menempuh perjalanan mudik dengan menggunakan angkutan umum seperti; kereta api, pesawat, bis, dan kapal laut.

Namun, jika teman-teman lebih nyaman mudik menggunakan kendaraan pribadi yaitu kendaraan roda dua atau roda empat. Jangan lupa untuk memperhatikan asuransi mobil atau kendaraan pribadi yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan selama mudik ke kampung halaman dengan Garda Oto.

Nah teman-teman, sebelum mudik bersama keluarga dan orang-orang tecinta. Siapkan semua bekal dengan sebaik-baiknya untuk perjalanan mudik. Agar perjalanan ke kampung halaman berjalan lancar dan selamat sampai tujuan, MizTia punya tips mudik aman buat kalian semua.

1. Sebelum mudik, pertama-tama harus mempersiapkan fisik maupun mental dengan baik. Mudik memang menyenangkan, tapi perjalanan ini akan terasa melelahkan dan memakan waktu yang panjang. Jadi persiapan fisik dan mental sangat penting dalam perjalanan.

2. Periksalah kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Apalagi jika ada yang memiliki riwayat sakit tertentu, sangat dianjurkan untuk memeriksa kesehatan terlebih dahulu.

3. Bawa perlengkapan P3K. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan dalam perjalanan. Misalnya; minyak angin, obat anti mabuk, atau obat lainnya jika memiliki riwayat kesehatan tertentu.

4. Bila perlu, siapkan makanan dan minuman. Sebaiknya tidak membeli makanan maupun minuman serta obat-obatan sembarangan di pinggir jalan yang dapat menambah stamina sesaat karena tidak terjamin kesehatannya.

5. Bawalah perlengkapan sesuai kebutuhan. Jangan membawa peralatan atau perlengkapan secara berlebihan.

6. Tentukan waktu yang nyaman untuk melakukan perjalanan. Perhatikan jam berangkat agar terhindar dari kemacetan saat menempuh perjalanan.

7. Jika diperlukan, siapkan peta jalur alternatif agar terhindar dari kemacetan, juga peta yang dilengkapi dengan nomor penting yang akan memberikan informasi terkait perjalanan. Sekarang ini kita bisa menggunakan GPS.

8. Bawalah alat komunikasi seperti handphone dalam keadaan baterai terisi penuh untuk memudahkan dalam melakukan panggilan jika membutuhkan bantuan atau untuk menghubungi kerabat. Tapi jangan menggunakan handphone saat sedang berkendara dalam perjalanan. Utamakan keselamatan.

9. Jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan jika dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahat di posko kesehatan yang sudah disediakan sepanjang arus mudik untuk mengatasi lelah dan mengantuk.

10. Jika memerlukan pertolongan medis, berhentilah dan berisitirahat di posko-posko kesehatan yang diberikan oleh pemerintah di sepanjang arus mudik.

11. Jika menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa periksa kondisi kendaraan dan lakukan pemeriksaan kondisi kendaraan. Pastikan semuanya dalam kondisi prima dan baik, mulai dari tekanan ban, kelistrikan kendaraan, oli, aki dan bagian-bagian penting lainnya dari kendaraan yang digunakan. Jangan lupa membawa perlengkapan, seperti : ban cadangan, dongkrak, senter, segitiga pengaman, dan perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan. Jangan lupa asuransi kendaraan, penting mengasuransikan mobil dengan Garda Oto. Kunjungi Garda Center yang dapat memberikan pelayanan kemudahan klaim untuk pelanggan produk Garda Oto dari asuransi Astra. Caranya dengan mengajukan aplikasi yang dapat dilakukan dengan menghubungi Garda Akses Call 500 112, datang ke cabang Garda Oto terdekat atau online melalui website http://www.asuransiastra.com/ . Perhatikan juga prosedur klaim dan dokumen yang diperlukan saat melakukan klaim.

12. Jika mudik dengan si kecil, buatlah si kecil merasa nyaman, bisa bergerak dengan leluasa dan tidur dengan nyenyak. Agar si kecil mendapatkan oksigen dan tidak merasa jenuh didalam mobil, buatlah ruang yang lega.

13. Kesabaran sangat diperlukan dalam menempuh perjalanan. Selalu berdoa agar ridho-Nya menyertai perjalanan anda bersama keluarga. Ingat keluarga menunggu di rumah.

Itulah beberapa tips Mudik Aman, semoga perjalanan mudik teman-teman menyenangkan. Selamat mudik :) .


TAGS ngaBLOGburit


-

Search

Follow Me

weblog Miz Tia

Promosikan

Recent Post

Blogger Reporter Indonesia