Bisnis dan Promosi Politik Tingkatkan Kerjasama dan Investasi

31 Aug 2013

Hubungan internasional antar negara-negara ASEAN dengan adanya komunitas ASEAN yang solid dan handal di skala regional maupun global diharapkan dapat mewujudkan visi ASEAN 2015 dalam untuk menjadi ASEAN komunitas tunggal baik di bidang ekonomi mau pun politik, serta diharapkan dapat mewujudkan 3 pilar utama Komunitas ASEAN yaitu ASEAN Political-Security Community, ASEAN Economic Community danASEAN Socio-Culture Community. Kerja sama ini ditandai dengan kemajuan di berbagai bidang yang sudah mampu berkembang pesat di banyak daerah negara-negara ASEAN.

ASEAN sudah mampu mengubah Asia Tenggara dari daerah yang penuh dengan perbedaan atau perdebatan antara sesama, melalui kerjasama efektif antar sesama anggota dan saling mendukung satu sama lain.

Laos, atau Republik Demokratik Laos, meski sudah bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, namun baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, bisa dikatakan belum banyak berkontribusi, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan adanya Komunitas ASEAN, diharapkan Laos menjalin kemitraan yang baik dengan negara ASEAN lainnya.

Prospek untuk menjalin kemitraan yang baik negara Laos dengan anggota negara-negara ASEAN. Disini ASEAN perlu menunjukkan kekuatan dan ketahanannya. Melalui dukungan dan kerja sama dari mitra ASEAN, dapat dipastikan Laos akan bergerak ke arah kerja sama yang lebih erat dan bahkan memiliki integrasi yang kuat dengan negara-negara lain.

Saya yakin ASEAN memilki tujuan untuk menciptakan, bukan untuk menghancurkan. Dengan pendekatan melalui dukungan ini, diharapkan Laos akan memberikan/mempromosikan politiknya dan membuka potensi kerja sama di bidang ekonomi, sosial, teknologi, pendidikan, dan kebudayaan yang bisa dikembangkan ASEAN.

Selain itu, dengan membangun hubungan kemitraan yang sejajar, melalui hubungan saling ketergantungan baik ekonomi, politik, pendidikan dan budaya. Serta membangun hubungan negara yang lebih responsif, akan menciptakan semangat baru bagi Laos untuk dapat memberi dan menerima keterbukaan dari kemitraan yang terjalin dengan dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN.

Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, yang dikatakan belum banyak berkontribusi, serta tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan kata lain Laos belum dapat menikmati pencapaian masa depan yang cerah dan terang bersama negara-negara anggota ASEAN lain. Karena mungkin disini Laos menginginkan hubungan diplomatik yang stabil dengan adanya kerja sama antar bangsa yang lebih luas dan menyangkut diberbagai aspek baik ekonomi, sosial, maupun budaya. Karena melalui hubungan diplomatik antar negara ASEAN tidak hanya dirasakan oleh satu / dua negara akan dapat mewujudkan kehidupan yang stabil di masing masing Negara terutama Laos.

Dampak diplomatik memang lebih dirasakan di bidang kerja sama ekonomi. Laos dapat mewujudkan tujuan kerjasama ekonomi dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya dengan memberikan kesempatan kepada Laos untuk menyesuaikan diri agar dapat bergerak ke arah kerja sama yang lebih erat dan bahkan integrasi yang mungkin sedang berada di dalam keadaan darurat bayang-bayang negara ASEAN. Melalui penjelasan tujuan ASEAN, memberikan kontras yang menarik, dan memberikan pendekatan mengenai perjalanan ekonomi atau politik kerjasama ASEAN untuk dapat memimpin dunia. Akan membuat Laos membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain.

Mungkin Laos memiliki garis pondasi untuk menjalin kemitraan yang baik dengan negara ASEAN lainnya. Laos dapat mewujudkan tujuan kerjasama ekonomi dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya dengan mengembangkan aset bisnis perdagangan.

Pengaruh kondisi negara Loas yang dirundung krisis pun dapat menjadi pasang surut investasi di balik hambatan diplomatik negara Laos. Tapi ngomong-ngomong ini Laos banyak bergerak di bidang apa sih?! :D saya kurang paham. Apakah Laos maju dalam hal agrikultur atau apa gitu?!

Namun yang jelas munculnya potensi kerja sama ekonomi antar negara akan memberikan efek yang besar. Karena kerja sama dengan Laos lebih sulit jika dibandingkan negara-negara anggota ASEAN lainnya, mungkin dengan memberikan investasi dalam hal pendidikan, tenaga kerja, investas perdagangan akan meningkatkan kerjasama di ASEAN.

Tampaknya ASEAN mendapat tantangan untuk meningkatkan kemitraan yang terjalin dengan Laos, terutama di bidang atau sektor bisnis/perdagangan :D .

Kemudian investasi lainnya yaitu dengan mengirimkan tenaga kerja atau duta negara masing-masing anggota ASEAN yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya lokal setiap negara, memberikan beasiswa atau menyuntikan dana untuk bisnis dan membangun perekonomian Laos, melakukan pendekatan ekonomi kemitraan. Menciptakan kerjasama ekonomi, melalui perdagangan dan investasi secara multilateral. Melakukan bisnis, dan prospek mereka menjadi komunitas terintegrasi secara ekonomi di masa depan.

Hal ini akan berdampak pada meningkatnya nilai-nilai toleransi dan kesadaran Laos kepada bangsa dan budaya lain, pentingnya kerja sama antar bangsa dan kesadaran bahwa seluruh umat manusia adalah warga dunia yang saling ketergantungan serta mempunyai kebutuhan yang sama. Selain itu dengan kerjasama ini akan melahirkan Laos sebagai generasi baru yang memiliki kesadaran tinggi akan toleransi internasional.

Investasi dalam hubungan Diplomatik melalui kerjasama mengirimkan tenaga kerja terampil dan sebagainya yang terjadi di antara negara akan lebih memperkenalkan setiap negara mengenai budaya lokal di negara pengirim investasi. Dampak akan dirasakan bagi Laos di masa depan. Dengan mengadopsi dan menerapkan langkah-langkah kerjasama ekonomi/diplomatik untuk mewujudkannya. ASEAN diharapkan dapat menjadi sebuah asosiasi berbasis internasional yang memiliki integritas kuat dalam mewujudkan Visi ASEAN 2015.

Semakin banyak negara yang melakukan hubungan internasional melalui kegiatan promosi perdagangan, investasi, kerja sama dibidang politik dan keamanan baik melalui kerjasama pendidikan dan peningkatan interaksi sesama anggota ASEAN. Maka semakin banyak pula peluang untuk menjadi ASEAN sebagai komunitas tunggal, baik di bidang ekonomi mau pun politik :D .

referensi :

http://pewarta-indonesia.com/kolom-pewarta/indonesia-maroko/5982-pertukaran-pemuda-sebagai-investasi-hubungan-diplomatik-indonesia-maroko-392m.html, http://www.theglobal-review.com/content_detail.php?lang=id&id=11520&type=15#.UiFj2NLIZLU.


TAGS #10daysforASEAN


-

Search

Follow Me

weblog Miz Tia

Promosikan

Recent Post

Blogger Reporter Indonesia