Menciptakan ASEAN Sebagai Penghasil Kopi Berkualitas di Dunia

30 Aug 2013

Kopi adalah satu tumbuhan yang hidup dan berkembang di daerah tropis. salah satunya di Negara Indonesia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Indonesia juga terkenal sebagai penghasil kopi berkualitas. Indonesia merupakan Negara produksi kopi generasi pertama di dunia terutama pada belahahan Asia. Dan sejalan dengan perkembangan di bidang industri, negara Indonesia sampai sekarang berhasil mendominasi produksi kopi berkualitas di dunia dalam posisi ke 3, dengan negara penghasil kopi terbesar pertama adalah Brazil, kemudian yang kedua disusul oleh Vietnam.
Pangsa pasar penyalur kopi di Indonesia sudah banyak tersebar di gerai atau kedai kopi bahkan dalam pencapaian produksi kopi terbesar di dunia menjadikan kopi asal Indonesia di kenal mata internasional. Minuman berkafein tinggi ini memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern, sehingga kopi sangat mudah ditemukan. Gak heran jika Indonesia telah memproduksi ribuan ton bahkan lebih dalam per tahun, karena kopi Indonesia dipanen dari kebun kopi Indonesia yang tersebar dari seluruh kawasan Indonesia. Konon katanya, Indonesia pernah di minta agar dijadikan sebagai pusat utama industri pengolah kopi dunia, hal ini terbukti dari produktivitas tanaman kopi di Indonesia yang memiliki prospek yang sangat baik.
Jika dilihat dari negara-negara anggota ASEAN, disini ada Vietnam dan Indonesia. Untuk meningkatkan pangsa pasar ASEAN dalam mencapai era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yaitu integrasi perdagangan, pelayanan dan wilayah investasi. Disini negara-negara anggota ASEAN dapat bekerja sama dalam industri pengolahan kopi dengan perlu dan terus dikembangkan melalui pengolahannya. Apalagi melihat sekarang ini kopi menghadirkan aneka rasa bukan sekedar kopi hitam yang pekat. Dan dalam pengembangannya, kuliner Indonesia memiliki berbagai jenis kopi yang dikenal di dunia. Di Sumatera merupakan kiblat penghasil kopi terbesar di Indonesia. Kedua negara ini Vietnam dan Indonesia dapat bekerjsama untuk memperkuat pengembangan kopi, dan mengeksplor produksi kopi secara luas hingga mendunia.
Namun, mengingat saat ini negara ASEAN masih berdiri sendiri-sendiri sehingga belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk menciptakan suatu merajai di dunia internasional. Vietnam dan Indonesia dipastikan mampu merebut pangsa pasar kopi dunia jika kedua negara dapat mewujudkan serta membangun komunitas solid diantara para pebisnis, hingga menelurkan suatu ekonomi yang handal dan bertaraf internasional untuk memimpin perekonomian dunia hingga merajai pangsa pasar kopi dunia.
Hal inilah yang akan menjadi titik awal kekuatan dan potensi untuk industri ASEAN, yang seharusnya bisa dikembangkan, dalam mewujudkan industri ASEAN yang lebih berkelas di mata internasional. Untuk memperkuat perekonomian ASEAN dalam merebut pangsa pasar kopi dunia, sebaiknya benahi dulu penduduk yang masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan. Vietnam dan Indonesia dapat merajai perekonomian dunia melalui kerjasama yang kuat dan perlunya melakukan joint venture dengan perusahaan di dalam maupun luar negeri. Dalam pengembangannya, konsumen di setiap negara juga memiliki peranan penting. Selain melalui penjualan kopi yang murah, kualitas pengolahan industri kopi yang baik, juga perlunya mempromosikan kopi di sosial media atau dengan mengembangkan kuliner kopi.


TAGS #10daysforASEAN


-

Search

Follow Me

weblog Miz Tia

Promosikan

Recent Post

Blogger Reporter Indonesia